ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, Gaming Makin Asik dengan Qualcomm Snapdragon 632


Pada tanggal 9 Pebruari 2019 lalu, saya menyempatkan diri datang ke Mall Bali Galeria (MBG) di Kuta Bali. Ada event yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Bali, yaitu lomba game online. Lomba game online tersebut lebih dikenal dengan Esports (olahraga elektronik). Penyelenggaranya langsung dari Presiden RI. Maka lomba tersebut dinamakan dengan Piala Presiden Esports 2019. 

Di lantai dasar mall tersebut, saya melihat puluhan grup bertarung untuk memenangkan pertandingan. Semua kinerja anggota grup akan terpampang di layar lebar. Lokasinya tepat di belakang tempat 2 grup bertarung. Setiap grup terdiri dari 4 orang yang melawan 4 orang dari grup lainnya. 

Saat menikmati tontonan pertandingan game online tersebut,  tidak jauh beberapa anak muda saling berbincang. Saling berbagi pandangan. Topiknya pun tak jauh dari masalah game online.
“Bro, sekarang main game online bisa dapat duit ya,
“Ya iyalah. Sekarang kan semakin tinggi levelnya, semakin punya gengsi”
“Emang kamu suka main game online juga”
“Bukan suka lagi tapi demen. Seharian aja kuat kok”
“Mainnya pakai apa?”
“Kadang pakai PC. Tapi seringan pakai smartphone”.
“Kalau pakai smartphone kan bisa dibawa kemana saja ya”
“Menurut kamu, smartphone yang bagus buat game online apa sih”
“Tentu, ada harga ada rupa. Tapi, menurut saya sih yang asik buat main game online macam mobil legend ya pakai ASUS. Karena, dari dulu saya suka ASUS. Gak gampang panas baterainya”
“Oh gitu ya. Suksma bro”

Perbincangan tersebut membuka mata saya bahwa game online sudah menjalar ke generasi millenial. Karena, anak saya saja senang banget main game online. 

Tanggal 28 Pebruari 2019 lalu, saya memenuhi undangan Blogger Gathering yang diselenggarakan oleh ASUS Indonesia. Acara digelar di Paragon Hotel jalan Batu Belig Seminyak Badung Bali. Ternyata, ASUS pabrikan asal Taiwan tersebut sedang fokus ke produk gaming.    

ASUS menyadari bahwa industri mobile gaming meningkat sangat  pesat dalam kurun satu-dua tahun terakhir. Tak hanya dari sisi konten, judul game dan genre game yang semakin meluas, perangkat gaming sampai para gamers yang memainkan game, perputaran bisnis di industri yang satu ini sudah tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. 

ASUS sendiri telah mengeluarkan produk-produk yang menyasar ke para gamers. Produk yang bisa digunakan untuk bermain game dari entry level (pemula) hingga high-end (mahir). Menurut Fandy Aprianto, Smartphone Product Marketing, ASUS Indonesia menyatakan, “ASUS ingin seluruh pengguna dari berbagai lapisan bisa menikmati sesi bermain game di smartphone tanpa hambatan”. 

Beliau juga menambahkan, “Tidak hanya pengguna smartphone premium, pengguna entry level pun berhak bermain game tanpa hambatan. Apalagi, di Play Store juga saat ini ada banyak sekali varian game yang bisa dipilih”. Jadi, ASUS jeli sekali menyasar ke semua segmen dari yang baru belajar main game hingga professional. 

Ada 3 jenis smartphone untuk game yang dikeluarkan oleh ASUS. Yaitu: Zenfone Max M2, Zenfone Max Pro M2 dan ROG Phone. Dari tiga smartphone tersebut, Zenfone Max M2 ZB633KL merupakan smartphone yang menyasar untuk kalangan gamers entry level. Smartphone ini dikategorikan ASUS sebagai Next Generation Gaming.  


Zenfone Max M2 ZB633KL sebagai smartphone gaming entry level / www.asus.co.id

SoC Qualcomm Snapdragon 632
Zenfone Max M2 ZB633KL tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena, bagi gamers yang suka bermain game dalam waktu lama, maka Zenfone Max M2 ZB633KL telah dilengkapi dengan prosesor yang bandel dan kencang yaitu: SoC Qualcomm Snapdragon 632. Prosesor ini memiliki performa lebih baik dari pendahulunya yaitu Zenfone Max M1 yang masih menggunakan Snapdragon 430. Menurut Fandy Aprianto, Smartphone Product Marketing, ASUS Indonesia) mengatakan:

“Zenfone Max M2 tidak bisa dipandang sebelah mata. Smartphone ini masih sangat mumpuni untuk menjalankan semua game terkini dengan sangat lancar. Semua itu berkat peningkatan dari sisi SoC, di mana kini  Zenfone Max M2 menggunakan Qualcomm Snapdragon 632 yang lebih powerful, bahkan dibandingkan Snapdragon 625 yang terkenal mempunyai performa bagus dan hemat baterai”.

ZenFone Max M2 ZB633KL punya  sistem operasi pure Android Oreo 8.0 yang sangat ringan untuk bermain game. Juga dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 632 yang kencang tetapi hemat energi. 

Sebagai informasi, prosesor tersebut merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal punya performa tinggi tetapi hemat daya dan tidak panas.

SoC Qualcomm Snapdragon 632 membuat anda asik bermain game. Prosesor ini membuat smartphone anda tidak gampang panas. Karena, bekerja lebih kencang dari prosesor pada smartphone pendahulunya. 


Qualcomm Snapdargon 632 yang bikin game makin kencang / dailysocial.id 


Spesifikasi yang Memukau
Melihat desain  ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL benar-benar elegan. Begitu tpis dan ringan. Sangat nyaman saat digenggam. Meskipun dengan Baterai 4.000mAh, ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL tidak terasa berat. Justru, enteng dibawa ke manapun.    

Layar ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL sudah 19:9 dengan resolusi HD+. Layarnya dengan Gorilla Corning Glass membuat ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL tidak modah tergores. Tetapi, bagi anda yang suka teledor maka lebih baik ditambah dengan tempered glass. Menurut penelitian bahwa setiap orang bisa menjatuhkan smartphone kurang lebih tujuh kali. Karena, Gorilla Corning Glass hanya berguna untuk mengurangi tingkat goresan. 

Prosesor yang bandel ditambah dengan kapasitas baterai 4.000mAh Non-removable Li-Ion membuat Zenfone Max M2 ZB633KL makin mantap. Anda bisa bermain game hingga seharian tanpa sokongan dari power bank. Karena, saat daya baterai mudah cepat habis akan merusak suasana bermain game.  

ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL mempunyai 2 kamera depan dan belakang. Masing-masing mempunyai resolusi  13MP dan 8MP dan memiliki aperture f/1.8.  Saya sendiri telah mencoba kameranya dan hasilnya benar-benar terlihat natural sesuai warna objek.  

Jika mau menggunakan untuk merekam video, kamera depan dan belakang ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL masing-masing mempunyai kedalaman warna 2160p dan 1080p.  Jika, objek terlihat agak gelap maka pemakaian LED flash sudah ada di smartphone tersebut. 

Yang lebih hebat adalah adanya teknologi AI (Artificial Intelligence) di ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL. Sebagai informasi, teknologi AI dapat mendeteksi kurang lebih 10 jenis objek, di antaranya: orang, makanan, lautan, bunga, sunset  langit, tumbuhan, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat spesifikasi berikut:

Spesifikasi ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL / Tirto.id


Komentar

Yuni Handono Channel mengatakan…
Meski Asus Zenfone Max M2 termasuk golongan terendah dari seri ponsel gaming, tapi performanya lengkap. Bukan hanya untuk main game, untuk aktivitas digital lainnya ponsel ini sangat mumpuni. Meski banyak aplikasi yang diunduh nyatanya tetap mampu digunakan dengan cepat. Batrei yang tahan lama ditambah hasil kameranya yang jernih membuat ponsel dg harga murah ini tidak terlihat murahan. Cocok deh dimiliki oleh siapapun yang mendambakan ponsel murah dengan fitur lengkap.
Asus Zenfone Max M2 memang termasuk golongan terendah tapi performanya lengkap banget.

Postingan populer dari blog ini

Melindungi Penyakit Kritis Dengan PRUCritical Benefit 88

Kirim Barang Cepat Sampai, Pakai Paxel Saja

Eliminasi Hepatitis, Kamu Wajib Tahu!