Asiknya Berendam di Air Panas Banjar Bali

 

Air Panas Banjar Bali /dokpri

 

Bali mempunyai beberapa destinasi wisata air panas. Salah satu air panas yang berada di Bali Utara adalah Pemandian Air Panas Banjar. Lokasinya ada di Desa Banjar Kabupaten Buleleng Bali. Jarak lokasi Air Panas Banjar ke Kota Denpasar kurang lebih 110 km.

Setelah membeli karcis seharga Rp20 ribu. Untuk menuju ke area Air Panas Banjar, maka saya harus menuruni beberapa anak tangga. Desain pintu gerbang masuk bisa menjadi spot foto. Sebelah kanan dan kiri jalan masuk dibatasi dengan pagar. Di jalan masuk ini, saya sudah melihat sekilas kondisi kolam air panas.   



Mengabadikan kenangan di pintu masuk Air Panas Banjar / dokpri

 

Pengunjung masih sepi, karena pengaruh Pandemi Covid-19.  Air Panas Banjar mempunyai 3 kolam air panas. Kolam air panas pertama mempunyai 8 pancuran air. Kolam air panas ini mempunyai kedalaman air 1 meter.  Kolam air panas yang mempunyai panjang 10 meter dan lebar 3 meter ini asik untuk dinikmati. Saya bebas memilih pancuran yang mana saja. Karena, mumpung pengunjungnya masih sepi.

Desain keluarnya air pancuran sangat unik. Bentuknya seperti kepala raksasa. Di kolam ini, saya merasa dasar kolam terasa agak licin. Mungkin, karena pengaruh tumbuhan lumut. Oleh sebab itu, pengunjung harus hati-hati. Agar, tidak terpeleset saat berendam di kolam air panas tersebut.  



Asiknya berendam di kolam pertama. Apalagi, pengunjungnya masih sepi / dokpri

 

Setelah berendam di kolam pertama, saya mencoba berendam di kolam kedua. Kolam kedua ini mempunyai panjang 12 meter dan lebar 10 meter. Kolam air panas ini mempunyai 5 pancuran. Desain keluarnya pancuran hampir sama seperti kolam pertama. Saya merasa suhu air panas ini lebih kecil dari suhu air panas di kolam air panas pertama.

Kolam air panas kedua mempunyai kedalaman air sebanyak tiga. Yaitu, kedalaman air 1 meter, 1,5 meter dan 2 meter. Di kolam ini, saya hanya berani berendam di bagian kolam air panas yang mempunyai kedalaman air 1 meter. Saya menikmati sekali pancuran air. Berasa hangat di kepala.   



Berendam di kolam kedua yang dalamnya air 1 meter / dokpri

 

Setelah berendam di kolam kedua, saya mencoba berendam di kolam air panas ketiga. Kolam air panas ini lokasinya terpisah dengan kolam pertama dan kedua. Kolam air panas ini mempunyai ukuran kurang lebih 7 meter dan lebar 3 meter. Saya merasa suhu air di kolam air panas ini lebih besar dari kolam pertama dan kolam kedua.

Kolam air panas ini mempunyai bagian pancuran air yang lebih tinggi dibandingkan kolam pertama dan kolam kedua. Menurut pengunjung yang pernah berkunjung sebelumnya, kolam air panas ketiga bermanfaat untuk pijat alami. Saya merasa jatuhnya air pancuran sangat terasa di tubuh dan kepala. Benar saja, saya merasa seperti sedang dipijat oleh air panas.

Kolam air panas yang mempunyai 3 pancuran air membuat saya betah berendam. Kedalaman air panas hanya 1 meter. Jadi, saya tidak takut untuk berendam. Agar, badan menjadi segar kembali. Suasana makin alami, karena kolam air panas ini dekat dengan sungai. Yang banyak ditumbuhi pohon hijau. Saya merasa seperti berendam di tengah alam. Apalagi, Air Panas Banjar dikelilingi perbukitan dan pepohonan hijau.



Berendam di kolam ketiga, yang bisa untuk pijat alami / dokpri

 

Setelah puas berendam di tiga kolam air panas yang berbeda. Saatnya membuat badan segar kembali. Saya memanfaatkan pancuran air untuk mandi bilas. Pancuran air ini sebanyak 3. Berada di pinggir sungai yang dipayungi oleh rumpun bambu. Saya merasa dinginnya air pancuran membuat kesegaran badan kembali.

Karena kondisi pengunjung sepi, jadi saya bebas memilih pancuran air yang mana saja. Kondisi sekitar pancuran terlihat bersih. Sayangnya, tempat untuk bilas ini tidak mempunyai pagar penghalang alias terbuka. Jadi, saya hanya berusaha untuk membilas badan dengan air pancuran yang dingin.



 Pancuran air untuk mandi bilas / dokpri  


Setelah berganti di ruang ganti (change room), saya merasa badan segar kembali.  Saya merasa bahwa Air Panas Banjar sangat recommended buat anda. Apalagi, tiket masuk yang bersahabat bagi pengunjung. Tempat parkir juga memadai. Baik bagi mobil maupun untuk sepeda motor. Juga, di area air panas ini tersedia tempat penitipan barang. Cocok, jika anda merasa takut kehilangan atau tertukar barang bawaan dengan barang orang lain.

Jadi, jika anda berlibur ke Bali. Dan, ingin berendam di kolam air panas. Maka, Air Panas Banjar menjadi pilihan yang menarik. Buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Sambil berendam di kolam air panas, juga mencari kesehatn badan. Yuk, berkunjung ke Air Panas Banjar. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirim Barang Cepat Sampai, Pakai Paxel Saja

Menikmati Ayam Kremes yang Rasanya Nampol

YAICI dan Muslimat NU Gelar Edukasi tentang Pangan Sehat